Cara Setting Joypad Stik Di GTA SA PC

Sekarang admin gtatrik mau share tentang cara setting joypad atau menggunakan stick gamepad pada Game GTA San Andreas PC, seperti komputer atau laptop. Barang kali masih banyak yang bingung tentang cara melakukan settingan controller stik PS2 (atau sejenis) Dualshock ketika digunakan untuk bermain game GTA San Andreas.

Tapi tenang saya akan memberikan tutorial cara melakukan settingannya pada GTA San Andreas. Saya tidak akan share sebelum saya mencoba dulu dan dengan saya bagikan tutorial ini, berarti sudah 100% terbukti berhasil. Dan langsung saja saya akan jelaskan beserta gambar screenshort.

Stick Apa Yang Digunakan?
Sebelum kebagian tutorial mungkin akan lebih baik saya memberikan jenis stick apa yang saya pakai untuk memainkan game GTA SA, ada beberapa jenis stick yang saya pakai, salah satunya yaitu stick PS2. Namun saya butuh kabel konverter untuk menghubungkan setik PS2 dengan Komputer, dsini saya menggunakan kabel konverter controller PS2 Dualshock to USB PC.

Lalu ada juga jenis stik lain yaitu stick Dual Shock PC, dimana yang langsung memakai USB tanpa kabel konverter. Dan yang terakhir ada Double stick dual shock PC, dimana ada 2 stik dengan satu kabel port USB.

Stik-stik tersebut tidak memiliki perbedaan yang berarti ketika digunakan, terutama bagian kalibrasi dan mapping tombol, baiklah berikut tutorialnya.

Tutorial
1. Bahan
- Komputer Laptop Windows XP, 7, 8, 10 Dengan Port USB
- Stick PS2 (Butuh Converter)/ Dualshock PC (Tanpa Converter)
- Game GTA SA (San Andreas), Bisa Di Unduh Disini
http://www.gtatrik.com/2017/05/gta-sa-original-pc-windows.html

2. Buka game GTA San Andreas pada pc/laptop. Lalu pilih 'Options', terus pilih 'Controller Setup', setelah itu pada configuration pilih joypad.

3. Pilih 'Redefine Controls', dan akan muncul menu 'Foot Controls' dan 'Vehicle Controls'. 'Foot Control' untuk setting tombol ketika CJ berjalan kaki, 'Vehicle Control' untuk setting tombol ketika CJ menggunakan kendaraan atau sepeda.

Pilih Foot Controls
Sekarang anda samakan settingan GTA San Andreas anda, semua tulisan joy1, joy2, joy3, dll adalah tombol joystick, jadi tinggal menambahkan tombol yang belum di setting yang pada dalam kotak, dengan cara satu persatu klik enter lalu tekan tombol pada joypad anda, dan samakan nomor tombol joypadnya, kalau settingan sudah sama semua tinggal kembali dengan tekan tombol Esc pada keyboard.

Pilih Vehicle Controls
Samain juga settingannya caranya seperti no 1 diatas. Lalu kembali.

4. Kembali lagi ke Controller Setup dan Pilih Joypad Setting, Samakan settingan dengan gambar di bawah. Lalu back (tombol Esc) dan coba dites apakah benar dengan setingan yang telah anda ubah tadi. Bila ada yang keliru dengan tombol-tombol yang anda setting coba perhatikan lagi lebih detail supaya hasilnya maksimal.


Keterangan joypad

Disarankan samain settingan semuanya dengan cara diatas.