Join Di Situs gtatrik
Dapatkan GTA V HD Android

Seluruh Jalan Cerita Game GTA SA Dari Awal Sampai Akhir

Siapa sih yang tidak mengenal game GTA San Andreas? Jika kamu seorang yang hobi bermain game dan juga suka dengan game yang bertema Open World, pastinya sudah tidak asing lagi dong dengan game yang satu ini.

Nah, Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang jalan cerita dari game GTA San Andreas dari awal sampai akhir. Saya yakin kebanyakan dari kalian dulu pasti main game GTA SA hanya untuk bersenang-senang, melakukan kerusuhan di kota bersama teman di PS2, tanpa peduli alur cerita pada Game GTA SA. Iya kan? Karena saya dulu juga gitu wkwkwkwkwk!!!.


San Andreas
Oke Lanjut.. Grand Theft Auto San Andreas atau yang biasa disebut GTA SA adalah sebuah permainan Action Adventure yang dirilis oleh Rockstar Games dan dikembangkan oleh Rockstar North. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 2004 untuk Playstation 2, kemudian di tahun tahun 2005 dirilislah untuk platform Microsoft Windows dan Xbox.

Game ini berlatar belakang di sebuah Negara fiktif bernama San Andreas yang mempunyai tiga kota metropolitan, yaitu : Los Santos, San Fierro, dan Las Venturas. Tiga kota metropolitan yang ada di dalam game GTA SA ini terinspirasi dari kota sungguhan lho. (Los Angeles, San Francisco, dan Las Vegas)

Berlatar akhir tahun 1992, GTA San Andreas bercerita tentang seorang pria bernama Carl Johnson alias “CJ” yang kembali pulang dari Liberty City ke kota Los Santos setelah mengetahui kematian Ibunya. CJ menemukan bahwa keluarga dan juga gengnya yang bernama Grove Street Families sedang berantakan. Melalui jalan cerita permainan, CJ perlahan mulai membongkar plot dibalik pembunuhan Ibunya selagi mengembangkan usaha bisnisnya.

Sekilas tentang CJ
Carl Johnson atau yang biasa disebut CJ, merupakan karakter protagonis sekaligus karakter utama dalam game GTA San Andreas. Pengisi suara CJ adalah Chris Bellard, atau yang biasa dipanggil Young Maylay.

CJ adalah “orang nomor dua” di salah satu geng yang ada di kota Los Santos, yaitu geng Grove Street Families. Pemimpin dari geng ini adalah kakak CJ, yang bernama Sean Johnson “Sweet”.

Biografi CJ
Carl Johnson adalah anak kedua dari Beverly Johnson. CJ memiliki 3 orang saudara, yaitu kakaknya si Sweet, dan 2 orang adiknya, Brian dan Kendl. CJ lahir di Ganton, Los Santos, San Andreas. Ia dilahirkan dirumahnya, ‘Johnson House’, yang juga merupakan rumah keluarga mereka serta tempat masa kecilnya.

Saat masih kecil CJ memiliki 2 orang teman bernama Melvin Harris yang biasa dipanggil Big Smoke, dan juga Lance Wilson atau dipanggil Ryder. Mereka bertiga menghabiskan masa kecilnya bersama hingga tumbuh dewasa.

Ditahun 1985, Grove Street Families berada pada puncak kejayaan tertinggi sampai akhirnya mereka mendapat tekanan dari Frank Tenpenny, seseorang (oknum) dari anggota kepolisian kota Los Santos yang korupsi dan terlibat dalam sindikat narkoba, dia dibantu oleh temannya bernama Eddie Pulaski yang juga sama-sama bejat.

Akhirnya geng Grove Street mengalami penurunan kekuatan secara drastis dari tahun 1987 hingga 1992. Disaat Grove Street sedang menghadapi tekanan dan segala macam musibah, CJ justru merasa tidak kuat dan memilih kabur ke Liberty City di tahun 1987. Tekanan tersebut membuat mereka harus kehilangan salah seorang saudara mereka sendiri, yaitu Brian. Sweet menyesali kematian Brian yang mana menganggap CJ seolah-olah “membiarkan Brian mati”.

Kehidupan di Liberty City
Di tahun 1987, Carl melarikan diri ke Liberty City dan memulai kehidupan barunya. Dia pun sempat bekerja disana, kepada sekelompok pebisnis “pencurian mobil” saat itu.

Lima tahun berselang, tepatnya pada tahun 1992 masalah di kubu gang Grove Street pun dimulai, Ryder dan Big Smoke diam-diam todak suka dengan ketentuan dan perubahan sistem gang Grove Street yang dibuat oleh Sweet Johnson, dimana ketentuan tersebut melarang anggota Grove Street menggunakan dan menjual obat-obatan terlarang. Padahal saat itu Grove Street sedang mengalami krisis keuangan.

Akhirnya, Ryder dan Big Smoke bekerja sama dengan geng Ballas rival dari geng Grove Street untuk membunuh si Sweet. Geng Ballas pun datang kerumah CJ dengan menggunakan mobil dan langsung menembaki rumah Johnson House dari luar, dengan harapan bahwa si Sweet akan mati tertembak. Namun ternyata si Sweet saat itu sedang berada di luar rumah, justru ibu-nya lah yang ada didalam rumah Johnson House. Inilah alasan mengapa ibunya tewas tertembak. Padahal, seharusnya yang mereka (geng Ballas) bunuh adalah si Sweet bukan ibunya, yang bernama Beverly Johnson.

CJ Pulang Kampung
Kakak CJ yang bernama Sweet menghubungi CJ untuk memberitahukan bahwa ibu mereka telah dibunuh oleh sekelompok orang yang berada di dalam sebuah mobil dan melintas di depan rumah mereka. CJ ditelpon hanya beberapa menit setelah ibunya dibunuh. CJ pun akhirnya kembali ke kota Los Santos untuk melayat makam ibunya, dan mulai memikirkan untuk menyelesaikan segala masalah mereka.

Setelah pulang dari pemakaman ibunya di Los Santos, CJ beserta teman-temannya diburu dan dikejar oleh geng The Ballas. Dari situlah CJ memutuskan untuk tidak akan pergi meninggalkan gengnya lagi, yang dimana sejak dia tinggal, Grove Street Families menjadi geng paling terpuruk di kota Los Santos. Belum lagi terpecahnya geng ini jadi tiga bagian, ada nama The Seville Boulevard Families dan juga The Temple Drive Families yang menjadi pecahan dari geng Grove Street Families. Terus musuh bebuyutan mereka, The Ballas semakin kuat sejak bergabung dengan geng asal Meksiko, yaitu Vagos.

Kota Los Santos ini menjadi kota yang paling parah dalam kasus kekacauan geng, peredaran narkotika, hingga korupsi diantara 3 kota metropolitan GTA SA.

Di kota Los Santos, CJ bersama sodaranya Sweet dan kedua temannya yang diam-diam berhianat, yaitu Big Smoke dan Ryder. Mereka berempat bersama gengnya Grove Street berusaha keras untuk mengembalikan kejayaan geng Grove Street Families seperti dulu lagi. Dan tentunya si  CJ dan Sweet belum tau kalau temannya ini adalah seorang penghianat.

Di tengah usaha mereka membangkitkan geng Grove Street, eh si CJ malah dijebak oleh kedua temannya, OG Loc dan juga C.R.A.S.H (Eddie Pulaski dan Frank Tenpenny). Eddie dan Tenpenny adalah dua anggota kepolisian Los Santos yang bejat, mereka terlibat dalam sindikat narkoba di kota Los Santos dan kekejaman lainnya.

Disaat Grove Street ingin bangkit dari keterpurukan, banyak cobaan yang menimpa. Kakaknya CJ, yaitu si Sweet malah didakwa penjara seumur hidup. Saat kita menjalankan salah satu misi, CJ akan dibuat pingsan, diikat, dan dibawa jauh dari kota Los Santos, yaitu di sekitar Mount Chiliad/Gunung Chiliad, wilayah Whetstone, disinilah CJ dibawa oleh kedua polisi bejat itu untuk disuruh melakukan rencana kotornya.

Angel Pine, Mount Chiliad
Semenjak dipaksa meninggalkan Los Santos dan disuruh mengerjakan rencana kotor oleh kedua polisi bejat tadi, CJ kemudian bertemu dengan teman baru. Mereka adalah Catalina, si aneh Truth dan Woozie (orang Cina yang nantinya akan jadi partner bisnis CJ).

Setelah menyelesaikan misi Catalina dan Balapan, CJ kemudian ikut si Truth pergi ke kota San Fierro. Sebagai tambahan, Catalina adalah sepupunya Cesar, sedangkan Cesar adalah pacar dari adik perempuannya CJ yang bernama Kendl.

Di kota San Fierro ini CJ akan memulai bisnisnya, mulai dari usaha bengkel sampai properti. Disini juga dia akan bertemu dengan Mike Toreno, Mike akan membantu CJ untuk membebaskan Sweet dari penjara setelah dia menyelesaikan misinya.

Di San Fierro ini ada sebuah misi yang dimana CJ akan membunuh Ryder, teman masa kecilnya CJ yang telah berhianat. Selain itu, di kota ini juga CJ mulai menjalin kerjasama dengan si Woozie, orang Cina yang menjadi bos dari geng Triads. Setelah berhasil menyelesaikan sekolah pilot, CJ akan diundang oleh Woozie untuk menjadi partner bisnis Dragons Casino di kota Las Venturas.


Selama menjalankan misi di kota Las Venturas, CJ akan menambah teman baru lagi, mereka adalah Kent Paul, Ken Rosenberg, Maccer, dan bahkan Madd Dogg. Madd Dogg yang notabene Artis terkenal di kota Los Santos yang sudah dirampok dan dihancurkan karirnya oleh si CJ hanya demi menolong OG Loc, rapper yang sudah menghianati CJ.

Di salah satu misi di kota ini juga CJ akan membunuh Eddie Pulaski, anggota polisi bejat yang sudah menculik dia.

Apakah selesai sampai disini? Belum. Setelah misi terselesaikan di kota Las Venturas, CJ kemudian kembali ke kota Los Santos untuk menjalankan misi merebut apartement/mansion milik Madd Dogg, dan CJ juga nantinya akan menjalin kerjasama dengan Madd Dogg, Maccer, Kent Paul dan Ken Rosenberg untuk menjalankan bisnis Entertainment. Disini jugalah Sweet Johnson (kakaknya CJ) akan dibebaskan dari penjara oleh Mike Toreno, sesuai dengan janjinya.

Nah... Disinilah cerita mulai berakhir, CJ sudah berhasil membuat geng nya, Grove Street Families bangkit kembali. Namun meskipun begitu, kalau soal menguasai seluruh wilayah itu masih tergantung sama kemauan kita sebagai pemain utama dalam game ini, karena memang basis geng The Ballas dan Vagos masih tetap ada di kota Los Santos walaupun tidak sebanyak sebelumnya.

Okey lanjut, si CJ dengan berat hati harus membunuh Big Smoke, orang kepercayaannya yang sudah berkhianat karena udah mbunuh Ibunya CJ. Lalu setelah itu CJ juga akan membunuh Tenpenny, polisi bejat temennya Eddie Pulaski.


Selain itu Big Smoke dan Ryder juga sudah berkhianat sama geng Grove Street Families yang udah bergabung dengan geng The Ballas. Vagos dan Russian Mafia, mereka juga yang menjebak CJ supaya ditangkap polisi, dan ternyata mereka jugalah yang jadi gembong narkotika terbesar di kota Los Santos.

Di akhir cerita, geng Grove Street Families yang tadinya terpecah kini kembali bersama, mereka merayakan kemenangan di markas besar dekat rumah pertama CJ di wilayah Ganton, Los Santos.

Setelah menyelesaikan semua misi Walkthrough, kita masih bisa memainkan gamenya, meskipun sudah tidak ada lagi misi utama yang harus dijalankan.